Kamis, 28 Februari 2013

Yamaha Bakal Pasok Semua Tim Pakai Jupiter Z1!

Yamaha Bakal Pasok Semua Tim Pakai Jupiter Z1!


Penarikan diri Yamaha Indonesia dari beberapa ajang balap dunia seperti Asia Road Racing Championship (ARRC), mungkin terlihat seperti langkah mundur. Tapi PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), tentunya bukan tidak mampu. Lha, mengingat Yamaha sekarang jadi satu-satunya pabrikan motor di Indonesia yang mensponsori ajang balap MotoGP.

Meski ada juga yang menganggap Yamaha tak punya generasi untuk ajang balap di tingkat Asia lagi, namun itu terbantahkan dengan fokus strategi yang mereka lakukan. Beberapa pihak juga mengasumsikan, bahwa Yamaha punya strategi besar untuk kembali ke ajang balap dunia. Tapi terlebih dahulu, memperbaiki program balap di tingkat nasional.

Mengingat mereka akan menggelontorkan bebek berteknologi injeksi yaitu Yamaha Jupiter Z1 di ajang balap nasional musim ini. Bisa dipastikan ini akan butuh biaya yang cukup banyak. Apalagi Yamaha kabarnya bakal langsung memasok beberapa tim besarnya di ajang balap Indoprix.

"Motor ini sudah di develop dengan baik, karena kami sudah melakukan riset sejak 2012 lalu. Harapannya jelas semua akan menggunakan Jupiter Z1. Tapi tentunya akan bertahap mulai dari tim di Indoprix dulu baru tim-tim lainnya di ajang balap Motoprix," jelas M Abidin, General Manager Service and Motorsport PT. YIMM.

Jupiter Z1 dibekali mesin 1 silinder 4 langkah SOHC berpendingin udara berkapasitas 113,7 cc. Tenaga yang dihasilkan Z1 mencapai 10,06 ps di 7.750 rpm dengan torsi maksimal 9,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. Eitts, jangan bandingkan dengan Jupiter Z1 versi balap ini, jelas beda jauh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar