Kamis, 29 November 2012

inilah jawara jawara yg siap bersaing di YAMAHA CUP RACE

Final Yamaha Cup Race 2012: Apa Kata Para Pebalap?


Nama-nama bermunculan dalam peta perebutan juara Yamaha Cup Race 2012, ada pemain baru dan ada pemain lama, baik itu di Jawa maupun luar Jawa. Dua pebalap muda, Agus Setiawan dan Tamy Pratama, telah menunjukkan determinasinya masing-masing di YCR tahun ini. Agus, 15 tahun, memimpin klasemen MP1 dan MP2, sementara Tamy, 17 tahun, memimpin klasemen MP3 dan MP4.
Sementara itu, pebalap-pebalap lainnya juga tidak mau kalah, hampir semuanya optimis dengan hasil di final nanti. Apa boleh dikata, selisih nilai masih membuka peluang, dan besar kecilnya peluang itu baru akan terjawab di atas sirkuit nanti. Hal ini bisa dipastikan jadi tontonan seru untuk para pengunjung Final Yamaha Cup Race 2012 di Mandala Krida, Yogyakarta, 1 Desember nanti.
Lalu, apa kata para finalis tentang final YCR kali ini dan harapan-harapan mereka? Mari kita simak!

Agus Setyawan

Tim: Yamaha TDR FDR NHK Federal Oil Yonk Jaya
Kelas: Seeded
No. Start: 47
Tempat, Tanggal Lahir: Surakarta, 18 Agustus 1997
Pebalap satu ini masih sangat muda, dia bahkan baru tahun ini naik ke kelas ke seeded, namun siapa sangka bocah gempal ini mampu menyalip para pebalap yang jauh lebih berpengalaman dan menguasai puncak klasemen. Tidak tanggung-tanggung, ia menguasai puncak klasemen MP1 dan MP2 sekaligus.
Selain persiapan fisik, ia mengaku bersungguh-sungguh mempersiapkan mental agar tidak keder menghadapi pebalap lain yang lebih senior. Bagaimanapun juga, dengan catatan prestasi tersebut, Agus yakin ia mampu menjadi juara Yamaha Cup Race 2012.
“Persiapan saya terutama mental, karena lawan-lawan saya kebanyakan lebih berpengalaman daripada saya. Saya ingin sekali bisa jadi juara umum dan segera main di kelas motorsport”

Anggi Permana

Tim: Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya
Kelas: Seeded
No. Start: 158
Tempat, Tanggal Lahir: Tasikmalaya, 30 Mei 1989
Nama Anggi Permana terhitung sudah cukup lama berseliweran di aspal sirkuit. Tahun 2011 lalu, ia berhasil meredam dominasi Sigit PD di Final YCR dengan merebut posisi terdepan di kelas 110cc seeded. Dan tahun ini, ia menunjukkan performa yang membuat para pesaingnya patut untuk berhati-hati.
Anggi mengaku telah mempersiapkan fisiknya untuk final ini, dan banyak melakukan konfirmasi dengan mekanik soal settingan motor. Dengan target menjadi juara umum YCR 2012, pebalap berusia 23 tahun ini berharap dapat segera go internasional dengan bermain di Asia Road Racing Championship.
“Peluang saya 100%, untuk kelas 125cc beda poin cuma 10 angka, untuk 110cc bedanya dengan peringkat 3 cuma 4. Saya harus jadi juara umum biar bisa balap Asia”

Florianus Roy

Tim: Yamaha TDR FDR NHK Federal Oil Yonk Jaya
Kelas: Seeded
No. Start: 92
Tempat, Tanggal Lahir: Yogyakarta, 4 May 1983
Florianus Roy terhitung senior dalam dunia balap
Seperti Anggi Permana, pebalap yang satu ini juga sudah dikenal ketangguhannya menggaspol motor di sirkuit. Prestasinya di balap road race sudah terbukti, mulai YCR sampai ARRC, di Yamaha Cup Race sendiri, ia bisa dibilang salah satu pemain veteran.
Namun usia bukan masalah baginya, apalagi menurut Roy, performa motor tunggangannya sedang bagus-bagusnya. Tentu saja hal ini tidak boleh disia-siakan begitu saja. Dengan bekal pengalaman dan kemampuan yang ia miliki, pebalap satu ini akan menjadi teror nyata bagi pebalap lainnya.
“Saya sudah melakukan persiapan selama 2 minggu ini, setting motor juga sudah oke, saya yakin bisa meraih hasil yang maksimal. Saya ingin balap di ASEAN lagi.”

Yoga Adi Pratama

Tim: Yamaha Yamalube KYT 3M FDR RIDLATAMA RACING TEAM
Kelas: Seeded
No. Start: 115
Tempat, Tanggal Lahir: Yogyakarta, 28 December 1993
Senada dengan yang lain, Yoga juga mempersiapkan kondisi fisik dan settingan motornya. Ia mengaku tidak punya strategi khusus, kecuali berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
Pebalap muda asal Gunungkidul, Yogyakarta tersebut saat ini menempati urutan kedua MP2, dengan terpaut 28 angka dengan Agus Setiawan. Meski begitu, Yoga yang juga menunjukan prestasi baik di Indoprix tahun ini tetap yakin, jika tidak ada aral melintang, ia pasti bisa menjadi juara.
“Saya yakin 100% bisa juara, nggak ada strategi, yang penting usaha untuk jadi yang terbaik”

Andi Mappanyuki

Tim: Damdi TDR Faito RRS NHK RT
Kelas: Seeded
No. Start: 125
Tempat, Tanggal Lahir: Bonto Lowa, 9 Juni 1995
Usia Andi terhitung muda, tahun ini adalah tahun pertamanya di kelas seeded sekaligus tahun ketiganya sebagai pebalap. Ia berharap hasil dari final ini dapat mengantarkannya menuju jenjang yang lebih tinggi di ASEAN Cup Race.
Buat Andi lawan-lawannya nanti di final nanti tidak main-main, terutama para pebalap Indoprix yang kebanyakan lebih senior daripada dirinya. Meski begitu, ia mengaku ia tidak punya persiapan khusus untuk final nanti, selain latihan fisik seperti biasa.
“Peluang untuk juara agak susah, tapi tidak menutup kemungkinan. Harus tetap optimis!”

Tamy Pratama

Tim: Yamaha Yamalube KYT SND
Kelas: Pemula
No. Start: 135
Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 3 Februari 1994
Tamy mengakui, prestasinya tahun kemarin di YCR masih naik turun, belum stabil, baru di tahun ini ia dapat menunjukkan performa yang maksimal. Begitu maksimal sampai-sampai di MP4 nilainya sempurna, tidak terkalahkan.
Juara Umum MP3 Motorprix Region 2 tahun ini pun bertekad bisa meraih hasil sempurna di final nanti, dan menutup tahun terakhirnya di kelas pemula sebagai juara. Ia punya peluang dan keyakinan yang sama besarnya.
“Harapan saya, dengan ikut YCR saya bisa mendapatkan jenjang yang lebih tinggi. Saya ingin balapan sampai Moto GP”

Riko Pranata

Tim: Rafa Binar Kate Racing
Kelas: Pemula
No. Start: 117
Tempat, Tanggal Lahir: Purwodadi, 29 Agustus 1995
Usia Riko mungkin masih muda, namun ia punya karir yang cukup panjang di dunia balap road race yang ia mulai dari kompetisi lokal. Selain di Yamaha Cup Race, sama seperti Tamy, ia juga punya catatan prestasi yang baik di Motorprix Region 2.
Sama dengan Agus Setiawan, Riko juga mengutamakan persiapan fisik dan mental dalam menghadapi final Yamaha Cup Race ini. Harapan untuk dapat mewakili Indonesia di ASEAN Cup Race menjadi motivasi baginya untuk berusaha semaksimal mungkin di final nanti.
“Harapan saya main di YCR agar bisa mewakili Yamaha Indonesia di final ASEAN Cup Race nanti. Lebih jauhnya jelas bisa ikut moto3 moto 2 dan moto GP.”

R. Fadhil Aulia

Tim: Waloja NHK ASMAD FDR ABENK BKMS Racing Team
Kelas: Pemula
No. Start: 27
Tempat, Tanggal Lahir: Asmad, 18 Februari 1991
Jika kebanyakan pebalap lainnya sungkan menyebut siapa lawan berat mereka di final nanti, maka tidak dengan Fadhil. Ia mencatat, ada Tamy Pratama, Galang Hendra, dan Riko Pranata yang patut ia perhatikan manuvernya di final nanti.
Pebalap yang menjadi juara MP3 di final Yamaha Cup Race 2011 tentu saja ingin mengulang prestasi baiknya tersebut apalagi tahun ini adalah tahun terakhirnya bermain di kelas pemula. Untuk itu, sebagai persiapan, Fadhil sudah lebih dulu memperbanyak latihan di Stadion Mandala Krida, tempat yang akan menjadi lokasi perhelatan final Yamaha Cup Race 2012.
“Poinnya semua mepet-mepet, mudah-mudahan saja doa dan usaha selama ini membuahkan hasil. Saya berharap bisa ikut final Asean Cup Race yg ketiga kalinya sebelum naik seeded”

M. Irvansyah Putra Lubis

Tim: Yamaha Yamalube Alfa Scorpii NHK 3DI TDR Yonk Jaya FDR AHRS
Kelas: Pemula
No. Start: 80
Tempat, Tanggal Lahir: Medan, 23 Februari 1997
Jauh-jauh datang dari Medan, pebalap muda ini tentu saja berharap bisa meraih hasil maksimal, dan untuk itu dia sudah melakukan persiapan yang matang. Mimpi besarnya untuk dapat mewakili Indonesia di ajang balap motor dunia, adalah sebuah motivasi tersendiri.
Irvan yang sudah bolak-balik ikut serta dalam Yamaha Riding Academy ini punya pendapat tersendiri mengenai final YCR 2012 nanti. Menurutnya, soal motor pebalap-pebalap Jawa memang lebih kencang dibandingkan pebalap luar Jawa, namun soal skill bisa diadu.
“Latihan fisik terus sebelum final YCR ini, motor diriset habis-habisan. Untuk ke depannya saya ingin dapat mewakili Indonesia di ajang balap motor dunia.”

Janoear Deden

Tim: Yamaha Akai Jaya BAF NHK MAF PSM RT PALU
Kelas: Pemula
No. Start: 51
Tempat, Tanggal Lahir: Palu, 14 Januari 1995
Janoear Deden adalah pendatang baru di dunia balap, tahun ini adalah tahun pertamanya ikut serta di YCR. Hebatnya, meski baru pertama turun, namun ia sudah bisa mengukir prestasi sebagai peringkat 1 di MP4 dan peringkat di MP3 YCR Makassar.
Untuk final nanti, Deden yang sudah sempat mengecap latihan di YRA ini mengaku melakukan persiapan dengan berlatih motor 3 kali per minggu, dan melakukan latihan fisik 4 kali per minggu. Ia berharap dapat menjadi yang terbaik dan bermain di region Jawa tahun depan.
“Peluang insya allah ada, optimis bisa jadi juara”

1 komentar:

  1. "Terimakasih telah memantau website yang kami kelola (YamahaRacingIndonesia.co.id), untuk keperluan blog anda pribadi kami mohon untuk tetap menggunakan credit "copy dari www.yamaharacingindonesia.co.id", dan lakukan komunikasi sebelum melakukan copypaste berita dalam website ini melalui email kami"

    BalasHapus