Minggu, 06 Januari 2013

Topan Jalani Pemulihan Pascaoperasi Bahu

Topan Jalani Pemulihan Pascaoperasi Bahu
:
  Rafid Topan Sucipto, Pebalap Motor


Pebalap Indonesia yang akan berlaga di ajang Moto2, Rafid Topan Sucipto, sedang menjalani masa pemulihan pascaoperasi bahu. Topan diperkirakan dapat memulai latihan balap motor lagi pada akhir Januari.
"Cedera bahu yang dialami Topan adalah cedera lama yang belum sembuh secara sempurna. Saat menjalani masa latihan di Qatar dan Spanyol, pada November dan Desember 2012, bekas cedera itu kembali terasa sakit dan mengganggu penampilan Topan. Getaran dari sepeda motor 600 cc sangat keras sehingga perlu tangan dan bahu yang kuat untuk mengendalikannya," kata A Judiarto, ketua IMI DKI Jakarta, yang mendukung Topan maju ke  tingkat internasional, Sabtu (5/1/2013), di Jakarta.
Topan menjalani operasi penyambungan tulang bahu kiri di Yogyakarta pada akhir Desember 2012. Berdasarkan keterangan dokter, Topan memerlukan waktu sekitar empat minggu untuk memulihkan kondisinya dan mulai berlatih lagi.
"Akhir Desember dipilih menjadi tanggal operasi karena musim kompetisi baru dimulai pada Maret 2013. Dengan demikian, saya memiliki cukup waktu untuk menjalani masa pemulihan dan latihan intensif pasca-pemulihan," kata Topan.
Untuk menjaga kondisi, Topan tetap menjalani latihan fisik ringan yang tidak mengganggu bahu kirinya. Latihan diperlukan agar Topan tetap bugar saat cedera pulih dan langsung siap berlatih. "Saya berharap segera pulih dan dapat memulai latihan intensif lagi. Saya bersemangat untuk tampil sebaik-baiknya di Moto2 musim ini," kata Topan.
Sebelum menjalani operasi, Topan menunjukkan penampilan yang bagus dalam beberapa sesi latihan resmi dan tidak resmi. Juara nasional Indoprix 2012 di kelas 110 cc itu mampu beradaptasi dengan baik dan mendapat pujian dari para pelatih dan kru tim.
Topan berhasil mempertajam catatan waktu dalam latihan selama 1,5 bulan. Pada saat pertama mengendarai motor 600 cc, catatan waktu terbaik Topan terpaut 3,5 detik dari Anthony West, rekan setimnya, yang menjadi runner-up di seri Australia, Oktober tahun lalu. Kini, catatan waktu terbaik Topan hanya terpaut 0,5 detik dari West.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar