Minggu, 17 Maret 2013

Brembo Motor Lorenzo, Juga Dipakai Bebek Ini Lho!

Brembo Motor Lorenzo, Juga Dipakai Bebek Ini Lho!

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing pamer Jupiter Z1 yang diandalkan di ajang Indoprix (IP) di markasnya di KRT Rajiman, Jaktim (28/2). Motor ini garapan bareng insinyur Yamaha Motor Company, Yamaha Racing Factory (tim balap Yamaha di MotoGP) dan divisi Motorsport Yamaha Indonesia pimpinan M Abidin. Salah satu hasilnya, rem belakang Brembo untuk YZR M1 bisa dijumpai di motor ini. "Dua-duanya rem belakang M1" terang Abidin.

Rem ini mampu menghentikan motor laju dengan 'pintar' karena disertai sensor agar rem enggak ngunci begitu saja. "Pengeremannya enak, enggak nge-gap atau bisa diurut pelan-pelan. Ngeremnya bisa nyelonong dengan karakter saya. Selain itu, pilihan kampas remnya juga lengkap; slow, medium, normal dan hard. Jadi bisa juga ngerem sedekat mungkin dengan tikungan," papar Rey Ratukore, pembalap yang tahun ini di bawah bendera Tunggal Jaya Motor.

Hal unik lain dari Jupiter Z1 balap ini,  frame, swing arm, bodi dan beberapa peranti lainnya masih bawaan standar. Enggak ada las-lasan di rangka. Enggak sampai di situ sisi menariknya. Awalnya motor ini banyak menggunakan peranti-peranti nomor wahid. Namun untuk di Indonesia, konsepnya harus mudah dan murah maka banyak yang di down grade. Contoh knalpot Akrapovic yang mahalnya minta ampun, kini mengandalkan SMF, bikinan vendor Yamaha.

Urusan pendingin mesin, besutan yang sudah berteknologi injeksi ini dibekali pendingin oli di pasang di bawah batok dan di depan cylinder head. Lalu bagian sisi kiri dan kanan mesin, memakai bak kopling dan rumah magnet baru berbahan aluminium hasil proses machining.

Selama riset, fokusnya pada kestabilan rangka supaya motor enggak getar saat tenaga dinaikkan dan durabilitas mesin. Hasilnya untuk di sirkuit gokart Sentul, time-nya 58 detik.  "Sementara baru dipakai di ajang IP oleh 8 tim. Tapi nantinya secara bertahap akan di pakai di gelaran MP," ucap Supriyanto, manager motorsport YIMM.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar